Pesona Wisata Jambi(Negeri Sailun Salimbai), Kawasan Percandian Muarojambi.

Musim hujan telah tiba, dan banjirpun identik terjadi dibeberapa kota, tapi banjir yang menggenangi kawasan candi Muarajambi tidak menghalangi pengunjung untuk berwisata, adanya banjir menimbulkan atraksi wisata baru yaitu berperahu dan hammock atau ayunan diatas digenangan banjir. Untuk menikmati atraksi tersebut, pengunjung bisa menyewa perahu dan hammock yang disewakan masyarakat sekitar dengan harga terjangkau.

Tahukah kamu?
1. Pembangunan candi berlangsung sejak abad 4-11 M, oleh dinasti Melayu sampai Sriwijaya.
2. Pada tahun 671 M Percandian Muarajambi berfungsi sebagai pusat agama budha di Asia Tenggara.
3. Kawasan Percandian Muarajambi Merupakan candi dengan bahan batu bata dengan kawasan terluas di Dunia.
4. Percandian Muarajambi pada tahun 2013 juga telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional seluas 3.981 hektar yang terdiri dari 7 desa di 2 Kecamatan.
5. Seorang budayawan Jambi menyebutkan BUMI SERIBU CANDI untuk sebutan Jambi / Kab. Muaro Jambi karena ditemukan tak kurang 12 situs percandian disepanjang DAS Batanghari dan Percandian Muarajambi merupakan yang terluas.

Semoga “Bumi Seribu Candi ” dapat menjadi Landmark yang mengangkat dan mempromosikan pariwisata Kawasan Percandian Muarojambi
Jika anda mengunjunginya, jadilah pengunjung yang bijak dengan menjaga kebersihan dan kelestarian serta menjunjung aturan yang berlaku. Ingat bukan anda saja yang ingin menikmati pesona keindahannya, masih banyak orang lain yang juga berhak menikmati keindahannya.

Visit Muarajambi Temple !

Photo by: @nielandra.daniel
Narration: @TauJambi
Source:
– Buku Mencari Jejak Sang Kala (Junaidi T. Noor)
– Memasuki Gerbang Situs Sejarah Candi Muaro Jambi (F. Saudagar)
– Surat Keputusan Kemendikbud