Prioritaskan Keselamatan & Kesehatan Pekerja

Tim yang kuat menjadi sebuah pilar utama keberhasilan pembangunan sebuah proyek berkualitas. Untuk itu, kesehatan, keselamatan serta dukungan lingkungan sehat para pekerja saat melakukan pekerjaannya selama berbulan – bulan haruslah mendapat perhatian khusus. Budaya inilah yang terus dikembangkan saat membangun kawasan CitraRaya City Jambi.

Beberapa kejadian yang sering kita lihat di sebuah berita saat seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja sangat memprihatinkan. Bahkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mencatat angka kecelakaan kerja di Indonesia cenderung terus meningkat. Inilah yang menjadi konsentrasi pihak pengembang Ciputra Group untuk memberikan apresiasi terhadap tim pekerja dalam proses pembangunan sebuah proyek.

Dan menyadari tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia yang cenderung terus meningkat, sejak tahun 2015 Ciputra Group melembagakan pelaksanaan Health, Safety, and Environment Management (HSE) sebagai budaya kerja yang berkesinambungan dalam lingkup kerja proyek residensial PT. Ciputra Residence, para kontraktor serta seluruh mitra kerja strategis untuk mencapai target zero accident dan zero loss time injury.

MENUMBUHKAN BUDAYA HSE DI CITRARAYA CITY

Kawasan hunian CitraRaya City Jambi yang merupakan anak bagian dari proyek Ciputra Group, telah menumbuhkan dan memastikan budaya kesehatan dan keselamatan kerja dapat terjamin keberlangsungannya, khususnya di proyek Jambi.

Penerapan budaya Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3) PT. Ciputra Residence di kawasan ini terbilang berhasil menekan angka kecelakaan dari tahun ke tahun. Berita bagusnya, di bulan November, CitraRaya City Jambi berhasil mencapai zero accident yang mana pencapaian ini diapresiasi oleh PT. Ciputra Residence melalui penghargaan HSE AWARD ke 5 yang berlangsung di Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1, Jakarta.

Penghargaan tersebut berhasil diraih dan dicapai melalui sebuah proses yang membutuhkan kedisiplinan dengan melakukan penerapan budaya K3 di proyek secara berkala, seperti HSE Introduction, tentang pengenalan dasar-dasar kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada karyawan maupun para kerja yang baru bergabung di proyek CitraRaya City. Memberikan pemahaman bahwa HSE Care merupakan sebuah wadah bersosialisasi dan saling memberikan informasi mengenai info-info seputar kesehatan, keselamatan dan budaya kerja yang ada di masing-masing setiap proyek. HSE Talk yang menjadi agenda rutin untuk menyampaikan informasi K3 sebelum memulai pekerjaan di proyek.

Tim management CitraRaya City Jambi juga mengadakan HSE Scoring yang mana menjadi bentuk penilaian terhadap penerapan budaya K3 di area proyek. Lalu Safety Briefing, sebuah wadah untuk bisa saling bertukar pikiran dan wawasan mengenai seputar budaya K3. Ada juga HSE Reward, yang merupakan sebuah penghargaan untuk penerapan K3 terbaik dan budaya 5R di lingkup kerja. HSE Inspector CitraRaya City Jambi, Amridiansyah yang mengkoordinir penerapan HSE di proyek CitraRaya City Jambi dalam menciptakan budaya kerja yang aman, nyaman dan sehat. telah melakukan secara rutin mengawasi dan melakukan training-training HSE di lingkungan proyek.

Selain itu juga, penerapan budaya 5R di area kerja perkantoran maupun proyek yang melibatkan karyawan, maupun pekerja yang ada di lapangan untuk bisa selalu membuat lingkungan kerja menjadi aman,nyaman dan sehat.