Waspada Virus Corona

#SmartCustomer sudah tau maraknya informasi mengenai korban jiwa yang berjatuhan akibat epidemik Virus Corona?

Dikutip dari website Kementrian Kesehatan Sejak 30 Desember 2019 sampai 17 Maret 2020 pukul 08.00 WIB terdapat 1230 jumlah orang di periksa dengan hasil pemeriksaan yaitu 1083 orang negatif, 13 orang dalam proses pemeriksaan, 134 orang positif COVID-19, 8 orang sembuh dan 5 orang meninggal

Novel Coronavirus (2019-nCoV) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan yang merupakan keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Pneumonia sendiri adalah infeksi atau peradangan akut dijaringan paru yang disebabkan oleh berbagai penyebab seperti bakteri, virus, parasite dan jamur. Pneumonia tersebut dapat menyerang siapa saja, baik balita, anak-anak, remaja, dewasa muda, dan lanjut usia dengan berbagai gejala seperti batuk, produksi dahak yang berlebih, pilek, demam, sakit tenggorokan,  sesak sulit bernapas dan diare. Terkait pencegahan pneumonia yang sedang outbreak saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah kasus ini karena pneumonia pada kasus outbreak saat ini disebabkan oleh coronavirus jenis baru.

Menyikapi merebaknya kasus pneumonia berat akibat Novel Coronavirus (2019-nCoV) tersebut, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyarankan beberapa hal upaya pencegahan untuk waspada corona virus, antara lain :

  1. Mencuci tangan secara teratur dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alcohol 70-80% handrub.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut apabila belum mencuci tangandengan sabun atau handrub.
  3. Mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh daging. Memasak daging secara matang sempurna.
  4. Gunakan masker dengan benar ketika memiliki gejala batuk / pilek.
  5. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Segera buang tisu ke tempat sampah.
  6. Konsumsi gizi seimbang dengan konsumsi buah dan sayur
  7. Ketika memiliki gejala batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan

Ayo #SmartCustomer mari kita lakukan proteksi diri dengan mengenali gejala dan upaya pencegahan. Kita harus tetap tenang dan tidak panic namum tetap waspada, jangan lupa sampaikan informasi ini kepada orang-orang yang kita sayangi.